Educraft.idPada test  IELTS banyak orang berpendapat bahwa test ini jauh lebih sulit daripada test TOEFL, namun sebenarnya jika tips mengerjakan soal  IELTS bisa Anda kuasai, test  IELTS tak jauh lebih sulit dari test TOEFL. 

Pada test  IELTS sama juga halnya dengan test TOEFL, dimana Anda harus fokus selama sesi test, jadi pastikan tubuh Anda dalam kondisi sehat dan nyaman supaya bisa berkonsentrasi dan juga untuk berpikir mengerjakan soal test  IELTS. 

Sama seperti test TOEFL, test IELTS juga terdiri dari 4 sesi yaitu sesi listening, reading, writing dan speaking dan berikut ini akan kami jelaskan secara rinci tips mengerjakan soal IELTS supaya bisa mendapatkan score tinggi. 

  1. Sesi Listening

Pertama sekali Anda harus memeriksa atau cek earphone Anda apakah bisa berfungsi dengan baik, karena Anda akan rugi dalam hal waktu jika pada test berlangsung sementara earphone Anda tidak bisa bekerja dengan baik  maka waktu Anda akan terbuang, sementara waktu pengerjaan dan percakapan pada sesi listening akan tetap berlangsung dan tidak ada sesi pengulangan. 

Itulah dari segi teknisi yang harus Anda cek terlebih dahulu, kemudian yang kedua adalah menggunakan dan membagi waktu sebaik mungkin, sebelum percakapan dimulai pastikan Anda sudah paham bagaimana sesi listening berlangsung, jadi baca terlebih dahulu directionnya. 

Anda juga bisa gunakan catatan kecil untuk kata-kata kunci yang menurut Anda penting, terlebih jika Anda seorang yang mudah lupa maka catatan kecil ini perlu supaya ketika kata kunci itu muncul pada pertanyaan Anda bisa menyesuaikan jawaban yang tepat. 

Dan kami sarankan untuk tips mengerjakan soal  IELTS pada sesi listening ini adalah menulis jawaban sejelas mungkin, untuk jawaban listening biasanya singkat saja, untuk itu gunakan huruf kapital untuk semua jawaban supaya bisa terbaca dengan jelas. 

  1. Sesi Reading 

Salah satu yang membedakan test TOEFL dengan  IELTS adalah pada sesi reading, dimana pada sesi ini yang digunakan bukan teks tapi lebih ke grafik, jadi pertama sekali harus membaca apa yang ditanya kemudian memahami grafik, grafik dalam bagian apa yang ditanyakan dan fokus saja pada bagian itu untuk menghemat waktu. 

Dan untuk sesi ini memang membutuhkan waktu untuk menyimak dan memahami namun waktu yang diberikan sangat singkat, untuk itu jika bertemu pertanyaan yang tidak Anda pahami silahkan langsung dilewatkan dan fokus menjawab apa yang bisa saja, jika masih ada waktu tersisa, cobalah menjawab pertanyaan yang belum Anda pahami tadi. 

  1. Sesi Writing 

Pada sesi writing biasanya akan diminta untuk memberikan pendapat untuk satu topik, memang tidak diminta minimal berapa kata, namun sebaiknya tuliskan minimal 150 kata untuk satu pertanyaan, dan juga dengan tulisan kapital secara keseluruhan supaya terbaca dengan baik. 

Kemudian jangan sampai kehilangan ide sehingga mengulangi kata-kata yang sama, untuk itu persiapkan diri terlebih dahulu, dan tulisan wajib dengan grammar. Karena pada sesi ini banyak yang hanya mendapatkan sedikit poin karena tidak memiliki ide yang bagus untuk memberikan pendapat. 

Saran untuk sesi ini, sebelum mengirim atau memberikan jawaban, periksa kembali apakah penulisan Anda sudah benar atau tidak, Anda harus benar-benar memeriksa dengan baik apa yang sudah Anda tulis. 

  1. Sesi Speaking 

Pada sesi ini Anda harus benar-benar percaya diri dan fokus, dengarkan pertanyaan dan jawab dengan suara yang tegas lugas dan tidak bertele-tele, jangan mengulangi kalimat yang sama. Dan yang pasti Anda harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan grammar. 

Jika Anda merasa pertanyaan yang diberikan kurang jelas dan tidak Anda pahami dengan baik, tidak salah jika Anda meminta penguji mengulangi kembali pertanyaanya, dan jangan sampai jawaban Anda out topic atau tidak relevan, gunakan bahasa yang sopan dan baik. 

Sekian untuk tips mengerjakan soal  IELTS untuk 4 sesi, semoga bisa Anda pahami dengan baik dan berhasil mendapatkan score tinggi pada test  IELTS. Namun yang paling harus Anda harus lakukan sebelumnya adalah dengan preparing yang maksimal, jika merasa bahwa Anda sangat lemah dengan  IELTS, sebaiknya tunda dulu untuk mendaftar test, dan ikuti kursus  IELTS terdekat ditempat Anda.