Bingung memilih lemari apa yang tepat untuk pakaian? Ada beberapa jenis material yang jadi pertimbangan untuk pembuatan lemari. Masing-masing material memiliki kelebihan serta kekurangan termasuk lemari HPL

HPL sendiri merupakan lapisan pada lemari berupa lembaran, fungsinya menggantikan finishing dari pernis atau plitur. Finishing HPL lebih populer untuk jenis lemari dari bahan kayu buatan seperti plywood atau MDF. 

Apa saja kelebihan dan kekurangan lemari HPL yang bisa dijadikan pertimbangan saat membeli? Simak penjelasannya di sini. 

Kelebihan Lemari Pakaian dari HPL

HPL tidak hanya digunakan untuk lapisan lemari pakaian saja namun juga pada kitchen set, kabinet, permukaan meja dan hampir semua furniture. Proses pengerjaan HPL pada permukaan furniture lebih cepat karena tinggal memotong presisi dan menempelkannya. 

Setelah ditempelkan maka lemari akan memiliki kelebihan sebagai berikut ini:

Lebih tahan goresan dan air

Alasan utama mengapa kitchen set juga banyak menggunakan HPL adalah kemampuannya menahan air. HPL memiliki kandungan PVC atau plastik keras yang membuat permukaannya tidak dapat ditembus oleh air. 

Jadi sudah pasti lemari pakaian akan lebih tahan lama walaupun terbuat dari plywood, jadi lebih tahan air. Selain itu karena sifatnya keras materialnya tak mudah tergores, menjaga tampilan lemari tetapi baik. 

Ciptakan lemari bergaya modern minimalis

Lemari HPL mampu menciptakan lemari dengan tampilan modern dan minimalis. Karena menyediakan berbagai macam tampilan yaitu warna solid dan ada juga yang menduplikasi warna kayu. 

Warna solid seperti putih, hitam bahkan warna metal cocok digunakan pada semua lemari bergaya modern dan minimalis. Bahkan untuk tampilan warna natural berbentuk serat kayu memberikan kesan netral pada desain modern minimalis. 

Biaya lemari lebih murah

Sudah awet, lemari hpl juga lebih murah. Alasannya karena material yang digunakan adalah plywood di mana lebih murah dibandingkan kayu keras. Kedua adalah bahan HPL juga tidak semahal bahan finishing pernis dan juga plitur.

Kekurangan Lemari Pakaian dari HPL

Ada kelebihan ada pula kekurangannya, sebelum Anda memesan lemari HPL kenali dulu apa saja kekurangannya. Tujuannya adalah untuk memudahkan perawatan nantinya sehingga lemari jadi lebih awet. 

Beberapa kelemahan dari lemari hpl yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Tampilannya yang tidak terlalu mewah

Karena lemari HPL memberikan tampilan modern minimalis maka kesan mewah atau natural tidak bisa didapatkan. Permukaanya lemari seperti dilapisi dengan plastik dan inilah yang membuatnya tidak tampak mahal. 

  1. Pembuatannya membutuhkan ketelitian

Bagi Anda yang ingin membuat lemari HPL disarankan untuk menggunakan jasa secara khusus dan memesannya secara custom di Arskal. Tujuannya adalah untuk kerapian karena HPL tidak bisa dipasang sembarangan. Perlu pengukuran yang presisi dan juga rapi. 

Inilah kelebihan dan kekurangan lemari pakaian HPL. Semoga lemari yang kamu inginkan bisa dibuat dengan rapi dan tampak modern minimalis.