Daun Tempuyung – Sonchus arvenseis atau daun tempuyung adalah salah satu tumbuhan yang sudah sejak dulu dipercaya dalam dunia medis. Tumbuhan yang mengandung kalium, flafonoid, taraksasterol, dan inositol mempunyai banyak manfaat dalam penyembuhan beberapa penyakit. Apa saja? Simak berikut ini

8 Khasiat Daun Tempuyung Yang Wajib Kamu Ketahui

1. Mengurangi Kadar Asam Urat

Untuk penderita asam urat biasa akan merasa sakit pada persendian, dengan mengonsumsi daun ini dapat melarutkan asam urat dan dikeluarkan melalui urin.

2. Membunuh Sel Tumor dan Kanker

Daun tempuyung kaya akan kandungan plavonoid, kandungan yang mampu mencegah berkembangnya sel tumor dan kanker dan juga mematikan sel-sel tumor dan kanker yang sudah tumbuh dalam tubuh.

3. Menyembuhkan Radang

Antioksidan yang ada pada daun ini ternyata bisa menyembuhkan peradangan, caranya cukup mudah. Rebus daun ini kemudian saring dan airnya bisa dinkonsumsi untuk menyembuhkan radang.

Baca Juga: 8 Makanan Terpedas Didunia

4. Menyembuhkan wasir

Untuk penyembuhan wasir, bisa dengan cara menumpuk daun ini hingga halus, lalu menempelkannya pada anus.

5. Menghancurkan Batu Ginjal

Daun ini ternyata sangat dipercaya bisa menghancurkan batu ginjal, tentu dengan batu ginjal yang masih tergolong rendah atau belum kronis.

Kandungan kalium yang sangat banyak pada daun ini berperan penting dalam menghancurkan batu ginjal. Kandungan kalium melarutkan batu ginjal dan dikeluarkan melalui urin.

6. Menurunkan darah tinggi/hipertensi

Hipertensi biasa terjadi karena stress, atau karena sering mengonsumi kadar garam yang tinggi, dan juga makanan lainnya yang mengandung lemak yang tinggi.

Daun ini ternyata mampu menetralisir zat-zat yang pemicu hipertensi, dengan mengonsumsi daun ini sebanyak 3 kali sehari dapat menuunkan hipertensi dengan cepat.

7. Mengembalikan Pendengaran Yang Hilang Sebagian

Pendengaran hilang sebagian biasa karena infeksi, daun ini juga bisa mengembalikan pendengaran tersebut. Caranya dengan merebus daun tempuyung, lalu airnya bisa di teteskan perlahan-lahan ke telinga yang sedang bermasalah.

8. Mengobati Luka Bakar Dan Memar

Jika anda atau orang terdekat anda mengalami luka bakar atau memar, obati dengan daun tempuyung, caranya cukup simpel yaitu dengan menumbuk dau tempuyung, lalu menempelkannya pada luka bakar, dan sensasi panas yang dirasakan akan perlahan berkurang, lakukan berkali-kali sampai sembuh. Caranya juga sama untuk mengobati memar pada kulit.
itu

Itulah beberapa manfaat daun tempuyung yang wajib kamu ketahui, anda bisa menemukan daun tempuyung dengan mudah terutama jika anda tinggal di daerah dengan curah hujan yang tinggi.